19.7.10

Memoar Copi


Dua semester sudah aku lalui sebagai anak kuliah di negeri orang. Satu tahun jauh dari keluarga berusaha jadi lebih dewasa dan mandiri. Memang benar kata orang menjadi dewasa itu adalah proses seumur hidup. Dewasa itu nggak hanya dilihat dari badan doang. Body boleh kayak Ade Rai otot di mana-mana tapi kalau kelakuan masih dibawah ketek emaknya juga sama aja. Nah, kembali lagi, satu tahun aku di Taiwan banyak sekali yang terjadi. Waktu pasti merubah segalanya itu kita tahu pasti.

Jadi kawan, aku punya cerita; aku punya seekor anjing genduuut pendek nakal pecicilan manja, namanya COPI= COKLAT PUTIH. Si Copi ini hanyalah anjing biasa, bukan anjing ras atau berdarah biru udah gitu kutuan lagi, bau lagi. Itulah anjingku. Tidak ada yang special dari Copi. Namun aku dan keluargaku sayang sekali pada copi. Copi merupakan bagian dari keluarga kami. Copi udah hampir 5 tahun dengan kami. Kami sekeluarga sayaaang sekali dengan Copi meski dia sering ngejar-ngejar anak tetangga sampai jejeritan pipis di celana, meski dia sering naik tempat tidur Aga buat bangunin Aga ke sekolah di pagi hari dan berisiknya minta ampun terus aku pasti ngomel-ngomel hahaaha :))

Lalu aku pindah ke Taiwan kuliah, aku skype-an sama ibu, babeh, aga pasti ada Copi kepo ikutan mejeng depan webcam sambil gonggong. Copi emang gak ada matinya, dasar anjing! (emang anjing) Setelah itu aku dapat berita mengejutkan sekaligus senang karena ibuku hamil lagi adik cowok. Jadi, nanti aku punya 2 adik cowok deh :)

Selang 1,5 bulan sebelum kelahiran adekku, ibukku periksa kandungan dan dikatakan oleh dokter, hasil tes laboratorium di darah ibukku ada tokso. Yang lain dan tak bukan disebabkan oleh bulu binatang; kucing dan anjing. Sehingga akhirnya ayahku mengambil keputusan agar Copi dikasih ke orang lain, kenalan. Besokknya kenalan itu langsung membawa Copi ke rumahnya. Mungkin kita mengira Copi akan dipelihara dan disayang seperti yang aku dan keluargaku kira. Namun ternyata, sesuatu yang kita anggap spesial belum tentu sama nilainya dengan orang lain. Mungkin orang lain hanya menganggap Copi sebagai anjing biasa hingga Copi pun 'lenyap' dan kita tahulah maksudnya apa. Tak aku pungkiri aku nangis sampai sesegukkan 2 hari, sampai aku capek dan ketiduran. Di skype aku sama ibuku berduaan nangis sampai sesak. Aku sedih bukan kepalang.

Kita tidak pernah bisa menyamakan sesuatu yang kita anggap spesial dengan orang lain. Mungkin orang lain menganggap remeh. Kita pun tidak bisa menyalahkan kenalanku itu kalau dia menanggap Copi adalah anjing biasa saja. Itu tidak salah hanya saja mungkin peran Copi sebagai anjing untuk keluargaku sampai di sini. Toh nantinya aku akan punya adik bayi, tidak mungkin ada anjing dan adik bayi jadi satu dalam rumah. Pasti gak sehat buat si adik kecil. Lalu dalam email ibuku menulis,

"Betapa perjuangan untuk mencapai kebahagiaan itu jalan yang tak mudah. Betapa kesabaran itu sangat diperlukan. Betapa doa itu menjadi andalan utama untuk pilar agar kita tidak terpuruk. Betapa kita tak mampu menghindar dari perubahan. Begitu banyak hal yang ibu renungkan. Rasanya tak ada orang yang bisa memahami kita selain Tuhan. Bahkan diri sendiri saja sulit untuk memahaminya. Ada rasa yang kadang teramat hampa. Tak bisa kita bagi pada siapa pun. Kita hanya ingin berlutut di kaki-Nya dan berkata: Tuhan biarkan aku mampu menanggungnya.

Masa-masa sulit dalam hidup keluarga kita akan berlalu dengan baik. Ibu yakin. masa-masa yang penuh senyum akan terbit di antara kita semua. Kita berduka untuk banyak hal yang orang lain anggap sepele. Tapi bagi kita tidak. Ini masalah perasaan. Kita akan mampu melewatinya dengan baik. Juga kamu. Copi adalah anjing yang hanya diciptakan untuk keluarga kita. Titik.


Dearest Anjingku Copi yang lucu,

Aku ikhlas dan sampai jumpa disuatu waktu, suatu tempat, suatu kesempatan nanti. Dengan inilah aku menulis memoar kecil di blogku untuk mengingatmu bahwa kau tak ada gantinya.

Salam sayang,
Metta.



Tak Akan Ada Gantinya-Ipang



Btw, aku mohon doa untuk Ibuku, besok Selasa, 20 Juli 2010 akan melakukan operasi sesar jam 8 pagi. Besok akan ada anggota baru dikeluargaku. Mohon doa ya teman-teman.
Tuhan memberkati :))

3 comments:

  1. Hai Friend, apa khabar?
    Saya buat postingan baru nich.
    Kalau sempat silahkan mampir di blog saya, yaa…
    http://sosiomotivation.blogspot.com
    Kita bisa berbagi tentang motivasi.
    Selamat menikmati, semoga bermanfaat.
    Thanks.

    ReplyDelete
  2. :)
    copi sekarang gonggong2 di sana ko, :)
    pray for you darlalalala

    ReplyDelete